PERMASALAHAN

Sampah merupakan salah satu masalah yang dimiliki setiap orang di dunia ini. Banyak bencana yang disebabkan oleh sampah di berbagai negara, namun ada juga negara yang berhasil menanggulangi banyaknya sampah di negaranya. Jumlah volume sampah yang tercatat pada tahun 2016 di Jakarta saja sudah mengkhawatirkan. Menurut Dinas Kebersihan DKI Jakarta, tercatat sekitar 7000 ton sampah setiap harinya.

            Salah satu kenapa sampah adalah akar dari permasalahannya adalah karena kurangnya kesadaran manusia untuk membuang sampah. Di zaman modern ini, kesadaran ‘membuang sampah pada tempatnya’ sudah diganti menjadi ‘membuang sampah sembarangan’. Memang sifat yang sudah tertanam susah dirubah, tetapi masyarakat bisa berubah jika disosialisasikan dengan baik. Namun lingkungan yang sudah rusak akan susah dirubah.

            Kami melihat sebuah solusi untuk sampah, yaitu daur ulang. Daur ulang merupakan kegiatan mengubah suatu barang yang sudah tidak terpakai atau berguna menjadi sesuatu yg bisa dipakai. Daur ulang merupakan salah satu solusi yang ampuh untuk mengubah suatu sampah menjadi barang layak pakai.