SELF REFLECTION

  1. Muhammad ramdhan Al Pasha : Saya belajar memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan barang yang lebih bermanfaat sehingga kita tidak banyak membakar sampah.
  2. Natanael Foliadi : Saya belajar pentingnya pandangan orang lain, bahwa yang dianggap sampah oleh beberapa orang dapat dimanfaatkan kembali dan membawa pengaruh positif bagi orang lain.
  3. Kevin Munandar : Saya belajar bahwa bahkan sesuatu yang dianggap kurang berguna seperti sampah dapat diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi umat manusia.
  4. Malvin Jonathan : Saya belajar bahwa didalam kekurangan terdapat sesuatu kelebihan yang tidak kita sadari, seperti yang kita lakukan dari sampah yang bagi orang lain tidak berguna, namun ternyata masih mempunyai kelebihan yang dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan dengan daur ulang sampah.
  5. Reydhid Febrian : Di Tzu Chi saya belajar bahwa untuk berbuat baik tidak harus melalui uang, sebuah usaha untuk mendaur kembali hal-hal yang kita gunakan ternyata dapat bermanfaat untuk orang banyak. Saya juga belajar untuk lebih berhemat dalam menggunakan barang , melihat bahwa banyak sampah yang sulit atau bahkan mustahil untuk dimunsahkan seluruhnya.
  6. Anthony Halim : Dari kegiatan yang saya laksanakan di Tsu Chi, saya mendapatkan bahwa sampah sekalipun dapat dimanfaatkan menjadi emas, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang berguna. maka dari situlah saya belajar untuk lebih menghargai barang-barang, apabila rusak masih dapat diperbaiki dan tidak langsung dibuang.
  7. Alvin Virya Sutana : Hal positif yang saya dapatkan adalah bagaimana berpandang secara luas, tidak hanya menganggap sampah sebagai barang yang tidak berguna, melainkan melihat dari sudut pandang positif yakni mencari potensi berguna dari sampah untuk kita manfaatkan sehingga mengurangi dampak negatif bagi bumi ini.